Sabtu, 16 November 2013

PERBANDINGAN WEB ORGANISASI SWASTA DAN PUBLIK


PEMERINTAHAN : POLANDIA VS AMERIKA SERIKAT
PEMERINTAHAN
ASPEK
http://www.president.pl/en/
http://www.whitehouse.gov/
Warna
website pemerintahan polandia hanya memiliki warna yang dominan yaitu warna putih, warna netral dimana warna tersebut tidak lah merusak penglihatan panca indera
website ini juga sama berwarna putih yang berarti netral
Konten
dalam website ini tidak terlalu banyak, hanya task bar atas saja yang menjabarkan bahwa di website ini terdapat berita-berita yang update tentang Negara polandia itu sendiri
dalam website ini banyak dan sangat mewakili bagaimana Negara tersebut berdiri, karena banyak konten yang menyebutkan adanya foto-foto, administrasinya, isu-isu dan lain sebagainya
Gambar
halaman awal website ini hanya berita yang sedang update di Negara polandia, tidak dapat berubah-ubah kurang menarik dan terlalu monoton
sangat interaktif kaena dapat berubah-ubah dan tidak monoton. Menarik karena banyak gambar (foto) yang di tunjukan dari website ini.

CORPORATE (PERUSAHAAN )
Aspek
http://www.isuzu.com/index.jsp
http://www.yamaha-motor.co.id/
Warna
Warna dari tulisan isuzu yang melambangkan sedikit banyak dominan yaitu berwarna merah dan di kombinasikan dengan warna lain yaitu abu-abu. Artinya warna merah yang mencolok (terang) dapat di seimbangkan dengan adanya warna abu-abu tersebut.
Warna logo dan tulisan Yamaha berwarna merah sama dengan isuzu akan tetapi selain berwarna merah Yamaha memiliki slogan “semakin didepan” yang berwarna biru. Dari ketiga ini logo, tulisan dan slogan memang warnanya tidak begitu berpadu akan tetapi warna ini tidak mempengaruhi panca indera karena konten ini hanya di taruh kecil dan ada dia atas sebelah kiri.
Konten
Ada tulisan welcome dan clik untuk masuk kedalam website tersebut.di halaman awal ini juga terdapat kotak pencarian untuk mencari informasi tentang isuzu itu.
Di taskbar ini terdapat banyak pilihan informasi tentang produk yang di tawarkan oleh Yamaha seperti Jupiter mx, lexam, xeon, dll. Dan terdapat banyak informasi tentang apa saja yang pernah dilakukan oleh Yamaha dan beberapa iklan tentang undian berhadiah dan sejenisnya.
Gambar
Gambar-gambar dalam website ini kebanyakan adalah gambar mesin-mesin yang diperuntukan mobil atau truk. Gambar-gambar tersebut tidak dapat berubah-ubah dengan sendirinya.
Gambar-gambar dalam website ini adalah motor-motor produksi dari Yamaha itu sendiri. Banyak berita-berita yang diungkap dalam website ini khususnya bagaimana perkembangan Yamaha. Gambar-gambarnya juga dapat berubah-ubah dengan sendirinya dan berputar.

Manfaat website bagi perusahaan

Perkembangan teknologi semakin hari semakin maju. Internet merupakan teknologi yang perkembangannya paling pesat saat ini. Orang dari berbagai kota besar dan kota kecil mudah sekali mengakses internet. Bahkan dengan akses internet yang disediakan oleh penyedia jasa telepon/telekomunikasi, orang-orang di pelosok telah bisa mengakses baik lewat komputer maupun lewat handphone maupun komputer tablet yang sekarang berkembang pesat. Bisa dipastikan hampir semua orang yang menggunakan smartphone telah menggunakan internet. Dengan demikian internet merupakan media yang bisa diakses semua orang.
Dengan tersedianya media yang bisa diakses semua orang, maka perusahaan yang ingin dikenal secara luas maupun perusahaan yang ingin menjaga hubungan dengan pelanggannya perlu membuat situs/website yang berisi informasi profil perusahaan maupun jasa/produk yang diberikan.

Manfaat dari website bagi perusahaan adalah :
1.      Meningkatkan visibilitas/kehadiran perusahaan
Dengan membuat website perusahaan berarti menambah visibilitas/kehadiran perusahaan. Bisa diibaratkan perusahaan membuka showroom (ruang pamer) yang baru
2.      Menyediakan informasi profil perusahaan secara detail
Pada saat suatu perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain yang baru dikenalnya (misal baru saja menerima penawaran), mungkin dia akan mencari tahu lebih mengenai profil perusahaan yang baru saja memberikan penawaran. Perusahaan ini harus mengetahui profil dari perusahaan lain yang mungkin akan menjadi rekanan perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut dapat mencari informasi lebih dalam dalam website perusahaan rekanan.
3.      Mengkomunikasikan produk dan jasa perusahaan secara mendetail
Dalam proses pemasaran, mungkin kita melakukan iklan di koran/majalah, iklan pada sebuah papan reklame, atau membuat brosur. Tempat/space yang disediakan dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur pasti dibatasi dan tidak mudah untuk diubah informasinya. Sedangkan dalam website kita dengan mudah menambah informasi yang lebih mendetail dari produk-produk atau jasa-jasa yang kita tawarkan.  Jika perusahaan kita memiliki website maka kita hanya perlu meninggalkan alamat website/situs kita di dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur untuk memudahkan orang atau perusahaan mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk atau jasa yang kita ditawarkan.
4.      Mengingatkan calon pelanggan yang lupa
Dalam proses pemasaran, calon pelanggan menerima informasi mengenai perusahaan dan jasa kita yang mungkin didapat melalui presentasi, melihat brosure, browsing atau melihat iklan. Calon pelanggan mungkin kehilangan kartu nama perusahaan kita dan saat membutuhkan jasa kita dia akan mencari di internet(search engine) dan melakukan pencarian dengan keyword nama perusahaan kita. Jika kita sudah memiliki perusahaan, maka calon pelanggan akan dengan mudah menemukan website kita dan kemudian menghubungi kita dan kita dapat menjual jasa/produk kita.
5.      Memudahkan pelanggan menghubungi kita
Seperti kasus sebelumnya, pelanggan mungkin kehilangan kartu nama atau nomor telepon perusahaan kita. Pelanggan tentu mengingat nama perusahaan kita, kemudian melakukan pencarian di internet , mencari perusahaan kita, menemukan dan menghubungi kita kembali.
6.      Meningkatkan kualitas layanan pelanggan
Dalam website kita dengan mudah menambahkan informasi-informasi yang terkait dengan produk atau jasa kita. Kita dapat menambahkan informasi mengenai hal-hal yang memecahkan persoalan yang mungkin dihadapi pelanggan. Informasi ini dapat langsung dibaca pelanggan atau sebagai pedoman bagi bagian support. Dengan demikian pelanggan mudah mendapatkan informasi mengenai keluhannya dan bagian support juga dipermudah dalam melayani pelanggannya. Pelanggan dapat mencari sendiri mengenai jawaban atas keluhannya atau mengisi form support jika gagal menemukan. Setelah form support lengkap diisi, team support akan menrima keluhan pelanggan dan menindaklanjuti. Pelanggan dapat masuk ke website kita siang ataupun malam. Dengan cara ini pelanggan dapat dilayani 24x7 atau 24 jam sehari.
Dengan adanya website kita mempunyai peluang meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas akan terus menggunakan produk atau jasa kita, merekomendasikan perusahaan kita kepada orang lain dan meningkatkan pendapatan perusahaan.
7.      Meningkatkan kredibilitas perusahaan
Perusahaan yang memiliki website akan terkesan maju dan modern. Dengan demikian maka kredibilitas perusahaan akan meningkat.

Itulah manfaat-manfaat dari website yang merupakan wakil perusahaan di dunia internet. PT Proweb Indonesia memahami manfaat-manfaat website ini dan meyediakan jasa pembuatan website dan juga pemeliharaannya yang memastikan website perusahaan anda dapat berjalan dengan lancar sehingga informasi mengenai perusahaan dan jasa-jasanya dapat dikomunikasikan dengan baik kepada calon pelanggan maupun  pelanggan anda.

Sumber : http://nanie90.blogspot.com/2011/11/perbandingan-website-perusahaan.html
 http://www.proweb.co.id/articles/faq/manfaat_website.html

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Ardi Helmi Putra. Diberdayakan oleh Blogger.